Begini Cara Mudah Urus E-Paspor Di Kantor Imigrasi Bali

Bagaimana cara urus E Paspor di kantor imigrasi Bali? Apakah sama dengan mekanisme pengurusan paspor di daerah lain? Apa saja persyaratan yang harus dipenuhi pemohon?

Cara bikin e paspor di bali
Cara bikin e paspor di bali

Bagi orang yang sering bepergian lintas negara, paspor adalah “senjata” yang sangat penting. Tanpa paspor mereka tidak bisa bebas keluar masuk negara lain untuk kepentingan apapun. Dengan demikian setiap Warga negara Indonesia (WNI) yang biasa pergi ke luar negeri wajib memiliki paspor.

Pengurusan E Paspor di Indonesia sistemnya sama. Jadi untuk urus E Paspor di kantor imigrasi Bali prosedur maupun persyaratannya sama seperti daerah lain. Untuk lebih lengkapnya berikut informasi syarat pembuatan paspor elektronik atau E Paspor juga pembuatan paspor baru (paspor biasa), dan cara daftar paspor biasa via online.

Syarat Pembuatan Paspor Baru / Paspor Biasa Elektronik (E-Paspor)

Pembuatan paspor biasa, dokumen dan persyaratan yang harus dibawa yaitu: permohonan paspor biasa diajukan oleh pemohon yang merupakan warga negara Indonesia, di wilayah hukum Indonesia, maupun di luar wilayah Indonesia.

kantor imigrasi denpasar
kantor imigrasi denpasar

Adapun paspor yang dimaksud mencakup paspor biasa dan paspor biasa elektronik (E-Paspor). Kedua jenis paspor tersebut diterbitkan menggunakan Sistem Informasi Manajemen Keimigrasian. Untuk pengajuan permohonan paspor biasa ini dapat dilakukan dengan cara manual maupun elektronik dan wajib melampirkan dokumen kelengkapan persyaratan.

Masih mengenai cara urus E paspor di kantor imigrasi Bali dan wilayah lain di Indonesia, adapun persyaratan dan dokumen yang harus dibawa yaitu:

  • E-KTP (asli)
  • E-KTP (fotokopi)
  • Ijazah terakhir
  • Kartu keluarga (asli)
  • Kartu keluarga (fotokopi)

Proses Pembuatan Paspor Baru Secara Manual

Bagi Anda yang ingin mengetahui cara mengurus E Paspor di Kantor imigrasi Bali, begini tahapan-tahapannya:

  • Datang ke kantor imigrasi Bali. Usahakan datang sebelum jam 12 siang karena biasanya jumlah pemohon paspor baru dibatasi sampai 200 orang per-hari.
  • Membawa dokumen yang dipersiapkan sebelumnya sebagaimana persyaratan yang harus dibawa.
  • Isi formulir paspor. Formulir ini biasanya sudah tersedia di loket pemohon paspor.
  • Isi formulir dengan data yang sesuai dengan data pada dokumen resmi.
  • Setelah pengisian selesai, formulir diserahkan ke loket khusus pembuatan paspor baru.
  • Pemohon mendapat tanda terima sekaligus jadwal pengambilan foto serta sidik jari.
  • Jika proses pengambilan foto dan sidik jari selesai dilanjutkan dengan sesi wawancara. Wawancara juga mencakup verifikasi dokumen asli yang dicocokkan dengan data yang diisi pada formulir sebelumnya.
  • Melakukan pembayaran dan mencari informasi tanggal berapa paspor bisa diambil.

Pembuatan Paspor Baru Secara Online

Pembuatan paspor biasa maupun E-Paspor bisa dilakukan secara online. Tentu saja ini sangat menguntungkan bagi pemohon yang tidak punya waktu longgar. Mereka tidak perlu mengantri untuk mengurus paspor secara langsung. Namun ini sifatnya hanya untuk menghindari antrian panjang, selebihnya mereka tetap harus datang ke kantor imigrasi setelah data-datanya masuk.

Perbedaan Paspor Biasa dan Epaspor
Perbedaan Paspor Biasa dan Epaspor

Cara mendaftar via online yaitu dengan mengakses website ini untuk mendapat antrian online. Selain itu pemohon juga bisa mendaftar via WhatsApp yang berisi data diri dengan format: #Nama#TglLahir#TgalKedatangan kemudian kirim ke nomor WhatsApp kantor imigrasi.

Cara urus E paspor di kantor imigrasi Bali via WhatsApp bisa langsung mengirimkan data diri ke nomor WhatsApp Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Ngurah Rai di 0812-3695-6667. Selanjutnya Anda akan mendapat booking code untuk mendapatkan layanan di kantor imigrasi sesuai waktu yang telah ditentukan.